Cara Memilih Web Hosting Gratis Indonesia Terbaik

Hosting Gratis
Anda sedang mencari hosting gratis indonesia? Jika iya, maka artikel ini pas untuk anda. Sebelumnya, mari kita bahas dulu tentang istilah hosting yang sebenarnya. Anda yang berkecimpung dalam dunia web tentunya istilah hosting sudah sangat familiar. Tapi bagi anda yang baru saja memulai blogging, misalnya, pasti masih terdengar asing. Hosting, atau disebut juga web hosting, adalah tempat untuk menampung data-data yang diperlukan dalam sebuah website, sehingga dapat diakses melalui internet. Data-data yang dimaksud dapat berupa gambar, file, email, program/aplikasi/script dan database.

Lalu, apa pentingnya web hosting terbaik bagi sebuah website? Seperti yang telah disinggung di atas, hosting berfungsi untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh sebuah website. Tanpa hosting, kita akan kesulitan untuk menyimpan data-data tersebut, padahal data-data tersebut sangat penting bagi kelangsungan sebuah website. Hosting sangat diperlukan jika anda memiliki bisnis online di internet, toko online misalnya.

Untuk menyimpan data-data barang yang dijual, tentunya anda memerlukan sebuah tempat penyimpanan, yaitu hosting. Ibaratnya, jika anda ingin membuka toko di dunia nyata, tentunya anda harus menyewa tempat, kios misalnya, untuk memajang barang dagangan anda. Seperti itulah manfaat dan kegunaan webhosting. Lalu, bagaimana cara menyewa hosting terbaik indonesia?

Hosting bisa didapatkan secara gratis maupun murah berbayar. Jika anda belum pernah menyewa hosting, sebaiknya anda jeli dalam memilih hosting terbaik, baik itu hosting gratis maupun yang berbayar. Walaupun dengan hosting gratis, anda pun bisa menjalankan sebuah website yang terlihat profesional. Tapi sebelum anda memutuskan untuk memilih web host gratis yang terbaik, ada baiknya ada membaca tip-tipsnya terlebih dahulu, antara lain:

1. Lihat kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. Carilah hosting gratis yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk website anda. Biasanya web host gratis rata-rata menawarkan kapasitas 100 MB. Tapi jika anda jeli, anda bahkan bisa menemukan yang menawarkan kapasitas hingga 5.000 MB.

2. Kenali sistem operasi yang digunakan. Hosting gratis biasanya menggunakan sistem operasi Unix, karena sistem operasi ini bisa didapat dengan gratis pula. Kalaupun anda menemukan web host gratis yang menggunakan sistem operasi windows, bisa saja hal ini hanya merupakan ‘trial’ dan selanjutnya anda harus membayar untuk menggunakan jasa hosting tersebut.

3. Cari tahu jenis iklan yang ditampilkan. Kebanyakan hosting gratis mewajibkan anda untuk memasang atau menampilkan iklan yang mereka miliki di website anda.

4. Telitilah jumlah akun email yang diijinkan. Sebagian penyedia hosting gratis menawarkan alamat email terkait dengan nama domain pengguna, dan sebagian tidak. Pilihlah web host gratis yang menawarkan akun email domain terkait jika anda inign memiliki alamat email yang terkait dengan nama domain anda.

5. Pahami syarat dan ketentuan layananan. Pastikan anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai website anda dihapus dari server hanya karena anda melanggar persyaratan layanan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.