Mau Beli Domain? Pertimbangkan Dulu 5 Tips ini

beli domain
Belakangan ini bisnis online semakin dipilih oleh para usahawan. Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, bisnis online juga menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan menghasilkan banyak keuntungan. Bagaimana tidak, untuk menjalankan bisnis online anda tidak perlu menyewa tempat sebagai tempat menawarkan produk anda.

Anda pun tidak perlu membayar gaji karyawan. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah website untuk memajang produk anda. Selain website yang didesain semenarik mungkin, anda juga harus beli domain yang unik agar banyak orang tertarik untuk berkunjung ke website anda. Anda tertarik ingin terjun ke dalam dunia bisnis online? Simak ulasannya berikut ini.

Domain sangat identik dengan nama unik sebuah website. Mengapa unik? Karena hanya ada satu nama domain untuk sebuah website. Jadi tidak ada dua, tiga atau lebih website dengan nama domain yang sama, dan hanya satu-satunya di dunia. Ada banyak jenis domain yang digunakan dalam nama domain sebuah website. Yang paling sering digunakan adalah ekstensi domain .com.

Selain itu ada juga .org, .info, .us, dan masih banyak lagi. Jika anda masih awam mengenai domain, mungkin anda bertanya, apa pentingnya beli domain? Bukankah banyak tersedia layanan blog gratis seperti blogspot, wordpress, dan lainnya? Ya, memang benar. Tapi menggunakan blog gratisan tentunya alamat website anda menjadi terlalu panjang sehingga orang akan sulit untuk mengingatnya.

Selain itu, jika anda ingin membuat website yang bersifat komersial, menggunakan domain berbayar akan menciptakan kesan professional sehingga orang akan lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan melalui website tersebut. Saat ini banyak sekali jasa penyedia domain yang bisa anda temukan di internet. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan sebelum beli domain, antara lain:

1. Telitilah umur website penyedia domain tersebut. Semakin lama website tersebut berdiri, berarti semakin bagus karena sudah dipercaya oleh para user.

2. Memiliki kontak yang mudah dihubungi, seperti telepon, live support, yahoo messanger, email, dan lain-lain.

3. Memiliki customer service yang bisa membantu mengatasi keluhan maupun pertanyaan anda.

4. Jangan langsung tergiur dengan iming-iming harga murah. Waspadalah dengan harga domain yang tidak masuk akal. Misalnya harga domain di pasaran sekitar Rp 100.000, jika anda menemukan website yang menyediakan domain dengan harga Rp 20.000 maka patut dicurigai.

5. Perhatikan strategi harga domain yang diterapkan. Misalnya pada tahun pertama penjual mematok harga Rp 100.000, dan pada tahun-tahun berikutnya dipatok harga Rp 500.000. Oleh karena itu anda harus benar-benar membaca keterangan yang ada dalam website penyedia domain tersebut.

Demikianlah tips beli domain, semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.