Beli Nama Domain Murah? Awas Tertipu! Baca Dulu ini

domain murah
Bagi anda yang memiliki website tentunya ingin memiliki nama domain yang unik. Mengapa harus unik? Tentu saja agar nama domain anda lain dari yang lain dan mudah diingat orang. Sebagai contoh google.com atau yahoo.com. Apakah anda pernah menemukan situs lain selain google atau yahoo yang namanya sama? Tidak ada pastinya. Apakah anda sedang mencari domain murah? Sebelum anda memutuskan membeli nama domain, ada baiknya anda membaca ulasan berikut ini.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan domain? Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan internet. Lalu apa fungsinya? Nama domain ini berfungsi untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengakses ke server. Tanpa nama domain, nama server hanya terdiri dari deretan angka yang dikenal sebagai alamat IP.

Jadi nama domain akan mempermudah pengguna internet untuk mengingat nama server tersebut tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit. Saat ini banyak sekali jasa penyedia domain murah yang bisa anda temukan di internet. Namun membeli nama domain pun tak boleh sembarangan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli nama domain:

1. Jika anda akan memakai domain untuk keperluan blog pribadi anda, maka tidak masalah jika anda memilih nama domain sesuka hati, tapi sebaiknya pilihlah nama domain yang mudah diingat. Jadi apabila artikel dalam blog pribadi anda tersebut bermanfaat, maka orang akan mudah mencari alamat website anda.

2. Jika domain akan dipakai untuk bisnis online, sebaiknya anda memilih nama domain yang sesuai dengan produk yang akan dijual. Misalnya anda akan membangun website untuk jasa perbaikan AC. Nah, agar jasa service anda mudah dicari orang, maka anda bisa memakai nama domain yang berkaitan dengan perbaikan AC, misalnya serviceac.com, acservice.com, jasaac.com, dan lain sebagainya. Hal ini penting karena dengan adanya unsur nama produk yang akan anda jual dalam sebuah nama domain, paling tidak akan memudahkan orang untuk mengingat alamat website anda. Selain itu juga agar website anda akan mudah ditemukan dalam mesin pencarian website atau search engine.

3. Usahakan menggunakan domain TLD berekstensi .com
Sebenarnya ada banyak ekstensi domain selain .com, seperti .net, .info, .org, dan masih banyak lagi. Mengapa anda sebaiknya menggunakan ekstensi .com? Karena bagi orang awam domain berekstensi .com adalah yang paling mudah diingat, sehingga website anda akan dapat ditemukan dengan mudah.

4. Jangan terburu-buru dan mudah tergiur dengan iming-iming harga domain murah. Anda tetap harus selektif dalam memilih jasa penyedia domain. Seringkali banyak ditemukan penyedia jasa domain dengan harga murah hanya di awalnya saja, tapi mematok harga yang sangat mahal untuk tarif selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.