Memilih Domain Indonesia yg Tepat, Simak Tips ini

domain indonesia
Anda sedang bingung mencari situs penyedia layanan domain terbaik? Jika iya, ada baiknya anda membaca ulasan ini. Memang, saat ini banyak sekali situs penyedia layanan domain Indonesia yang bisa anda temukan di dunia maya. Mulai dari domain berbayar yang berharga murah hingga yang gratisan. Jika anda memang ingin membuat website profesional, tentunya sebaiknya anda memilih domain berbayar.

Dengan menggunakan domain berbayar, blog anda akan terkesan profesional dan serius. Sebenarnya harga sebuah domain tidak terlalu mahal. Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 100.000 untuk sebuah nama domain. Bahkan anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari itu. Domain itu sendiri terbagi dalam beberapa tingkatan dan yang tertinggi disebut Top Level Domain (TLD).

Domain dengan ekstensi .com adalah yang paling sering digunakan. Selain itu masih banyak lagi domain TLD yang bisa anda pilih, seperti .net, .info, .org, dan sebagainya. Untuk domain Indonesia anda bisa memilih ekstensi .co.id. Anda dapat membeli domain secara online. Namun sebelum memutuskan membeli domain pada website penyedia domain, anda harus menggali informasi mengenai website tersebut.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali website penyedia layanan domain Indonesia yang bertebaran di dunia maya yang sama-sama menawarkan harga murah dan fitur-fitur menarik. Tentunya hal itu terkadang membuat anda bingung untuk memilih, terlebih bagi anda blogger pemula. Oleh karena itu, ada baiknya anda baca dulu tips membeli domain seperti berikut ini:

1. Jangan tergiur iming-iming harga murah. Biasanya harga murah hanya akan anda dapatkan di awal tahun saja, kemudian di tahun-tahun berikutnya harganya akan sangat mahal. Oleh karena itu, perhatikan dengan benar harga yang ditetapkan oleh penjual domain tersebut.

2. Carilah informasi mengenai reputasi website penyedia layanan domain tersebut. Anda bisa mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, bergabung di forum maupun meminta referensi dari teman-teman anda yang lebih dulu terjun dalam bisnis online.

3. Pastikan penjual domain tersebut memiliki kontak yang mudah untuk dihubungi, seperti telepon, yahoo messanger, email, dan lain-lain.

4. Pastikan penjual domain tersebut memiliki costumer service yang ramah dan tanggap.

5. Pilihlah website penjual domain yang memiliki support 24 jam penuh.

Itulah beberapa tips untuk memilih website penyedia layanan domain. Domain adalah aset yang sangat penting bagi sebuah website. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam membeli domain dan pastikan anda membeli domain pada website yang benar-benar terpercaya. Apabila anda berniat untuk membeli domain dan hosting, sebaiknya belilah pada tempat yang sama. Mengapa? Karena apabila terjadi masalah pada domain dan hosting yang anda beli, anda dapat dengan mudah melakukan komplain pada penyedia hosting tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.